Jarang diketahui, ternyata inilah berbagai khasiat tanaman lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan


Lidah Buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal masyatakat dan banyak digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sehingga seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi,  pemamfaatan lidah buaya banyak digunakan sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.


Artikel lainnya :
Inilah beberapa kewajiban yang harus dilakukan saat melanggar Ihram dalam Haji
Mengenal sosok guru Imam Lapeo dan perkembangan Islam di Tanah Mandar
Dapatkan tiket pahala umrah gratis di bulan ramadhan
Sebagai tanaman herbal, tanaman lidah buaya sangat berkhasiat untuk :
Menghilangkan Jerawat
Belah tanaman lidah buaya dan getah/lendirnya dioleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat. Oleskan sekali dalam sehari lebih kurang dari selama 10 - 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.
Menghilangkan Flek Hitam
Bagi yang memiliki flek-flek hitam diwajah karena pengaruh kosmetik atau bekas jerawat, dapat dibersihkan dengan mengunakan lidah buaya. Bersihkan wajah, trus ambil jelly dari lidah buaya dan bersihikan lendir-lendirnya dan usapkan kewajah setiap pagi dan malam hari. 
Kesehatan Bulu Mata dan Menyuburkan Alis
Setiap akan tidur ataupun saat bersantai, cuci bulu mata agar terbebas dari bahan kimiawi seperti maskara. Ambil jelly lidah buaya dan oleskan sengan lembut serta pelan-pelan pada bulu mata, lalu biarkan selama 30 menit dan bersihkan dengan air bersih. Untuk menyuburkan alis, caranya dioleskan ke alis setiap ingin tidur, lalu dicuci bersih ke esokan harinya. 
Perawatan Rambut
Lidah buaya dapat mengantikan fungsi kondisioner dalam melembutkan rambut, selain itu bermamfaat juga mempercepat pertumbuhan rambut dan mengurangi ketombe. Cuci pelepah lidah buaya kemudian gosokkan isinya pada kulit kepala yang telah dicuci (lakukan pada sore hari), lalu balut rambut dengan kain dan bilas keesokan harinya.
Perawatan Kulit
Lidah buaya mampu menyehatkan kulit karena memberi supply oksigen ke sel-sel yang bisa membangkitkan kekuatan kulit. Caranya : bagian gel kulit buaya dioleskan ke kulit sebelum tidur kemudian dibersihkan keesokan harinya. Selain membuat kulit menjadi lembut, lidah buaya juga akan membuat kulit menjadi lebih bersinar.
Mengatasi Diabetes
Konsumsi lidah buaya dengan cara tertentu dapat membantu menurunkan level gula darah dan mencegah diabetes. Rebus lidah buaya yang sudah dibuang durinya dengan 3 gelas dan menyisakan air rebusan hingga setengahnya. Ramuan ini dapat dikonsumsi tiga kali perhari.
Mengobati Luka
Lidah buaya dapat digunakan menangani luka-luka ringan seperti luka bakar, terbakar sinar matahari, lebam karena memar, lecet, dan mengurangi kerusakan sel akibat frostbite.
Mengobati Wasir
Lidah buaya diparut kemudian ditambahkan madu dan setengah cangkir air matang pada parutan tadi. Aduk sampai rata ramuan kemudian disaring, dan minum ramuan hingga tiga kali sehari.
Melancarkan pencernaan
Tanaman herbal Lidah buaya sudah dikenal lama sebagai tanaman obat yang melancarkan pencernaan dan mencegah pencernaan supaya tetap sehat. Seperti cara diatas, ekstrat sari lidah buaya sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh.
Mengeluarkan racun dari dalam tubuh
Mengandung gelatin yang sama halnya sengan rumput laut, sehingga lidah buaya sangat khasiat berfungsi untuk menyerap racun yang berada pada usus dan mengeluarkannya bersama kotoran memalui proses detoksifikasi.
Lidah buaya dengan sejuta mamfaat, sehingga adabaiknya jika memulai menanam lidah buaya didalam pot pekarangan dan halaman rumah anda. Terima kasih, semoga bermamfaat...!!!!


SHARE THIS

Author: