Ada 7 alasan mengapa harus memilih pekerja tambang sebagai pasangan hidup


Dalam segi bahasa, pekerja tambang merupakan seseorang yang bekerja sebagai karyawan dari sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penggalian/pertambangan, serta pengelolaan sumber daya alam baik minyak bumi, mineral, ataupun batu bara. Masih banyak orang yang belum mengerti seluk beluk tentang pekerjaan ini, namun profesi ini ternyata dianggap menarik dan banyak orang yang berharap bisa menjadi seorang keryawan tambang.

Artikel lain :
Inilah salah satu bukti peradaban tinggi masyarakat Bugis dan Makassar  
Inilah rahasia dibalik kecantikan gadis Bugis Makassar yang terkenal menawan  
Ternyata inilah Suku tertua di Indonesia yang tetap hidup hingga saat ini  

Tentunya iming-iming uang atau gaji yang besar menjadi impian dan harapan besar para pencari kerja sehingga dengan usaha segala payah agar bisa diterima bekerja di salah satu perusahaan tambang. Seperti tambang batu bara (coal mining) misalnya, yaitu aktivitas penggalian tanah untuk mendapatkan batu bara yang biasanya dilakukan disekitar hutan dengan memamfaatkan unit-unit angkutan pertambangan.


Menjalani aktivitas menjadi seorang pekerja tambang sebenarnya tidaklah semudah apa yang dibayangkan oleh sebagian orang. Tentunya pekerjaan ini tetap penuh dengan suka dan duka yang biasa dirasakan oleh para pekerja tambang pada umumnya. Namun dibalik itu, ternyata ada beberapa hal unik dan menarik yang mampu dilakukan oleh seorang pekerja tambang yang berbeda dengan profesi lainnya, sehingga bisa dikatakan sangat cocok untuk menjadi pasangan hidup.

1. Tipe pekerja keras
Pada umumnya semua orang adalah pekerja keras, namun ketika melihat seorang pekerja tambang yang berangkat kerja diwaktu pagi hari atau bahkan sebelum terbit matahari, tentunya dapat dinilai betapa kerasnya hidup mencari uang. Apalagi waktu kerja yang mencapai 12 jam di lokasi tambang dan memaksa harus pulang malam setiap harinya, tentunya pekerjaan ini hanya mampu oleh orang-orang tertentu.

2. Hidup disiplin
Ketika berangkat kerja pun tidaklah dengan waktu semaunya, namun hal ini didasarkan pada jadwal kendaraan jemputan untuk menuju lokasi kerja. Sehingga berangkat kerja harus tepat waktu agar tidak ketinggalan bus karyawan yang menjemput dari rumah tempat tinggal.

3. Selalu teliti dalam bekerja
Sesuai Standar Opersional Prosedur (SOP) yang berlaku di lingkungan pekerjaan, sehingga seorang pekerja dituntut untuk teliti dalam melihat kerusakan unit operasional tambang dan postensi bahaya yang kemungkinan yang akan terjadi pada lokasi tambang.

4. Memiliki mental yang pemberani
Bagi yang bekerja dengan sistem shift, tentunya diperlukan sebuah jiwa keberanian dan mental yang kuat dalam bekerja. Hal ini mungkin sangat dibutuhkan pada saat bekerja pada shift malam, dimana harus bekerja dalam lingkungan hutan yang gelap, apalagi jika sendirian.

5. Mampu bekerja sama dan kreatif
Hal ini tergambar dari suasana kerja yang sangat membutuhkan sebuah kerja sama tim dalam setiap menyelesaikan sesuatu pekerjaan. Dibutuhkan juga ide-ide kreatif yang baik dalam setiap penyelesaian masalah-masalah yang sering terjadi dalam pekerjaan tambang.


6. Penampilan yang cukup keren
Walaupun mengunakan kostum atau pakaian yang sesuai aturan safety perusahaan, namun ternyata hal itu menarik dalam pandangan orang pada umumnya. Meskipun tanpa dasi dan sepatu yang mengkilap, pakaian serta tambahan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) tetap keren digunakan oleh para pekerja tambang.

7. Mampu mandiri dan berpenghasilan
Pada dasarnya gaji atau penghasilan seorang pekerja tambang tidaklah besar, karena tugas dan tanggung jawab yang emban pun cukup tinggi. Begitupun dengan pekerjaan yang sangat rawan akan potensi bahaya dan mengancam keselamatan jiwa. Tapi penghasilan dari para pekerja tambang cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan tabungan untuk masa depan.

Oleh : Anas Salehe

SHARE THIS

Author: