Bagi pengguna iPhone, beginilah cara mudah mengatasi iPhone yang sering lemot


Seiring perkembangannya, teknologi smartphone kini memang sudah menjadi salah satu kebutuhan dan telah dimiliki oleh banyak orang. Meski tekonologi ponsel smartphone semakin canggih, namun kadang smartphone mengalami lemot alias lambat loading.

Tentunya lemot pada ponsel smartphone cukup mengganggu saat menggunakannya, apalagi saat chatting, browsing dan sebagainya. Lemot tentu bisa menjangkit di semua smartphone, termasuk iPhone.


Artikel lainnya :
Kisah nyata preman insaf, inilah sosok Imam Masjid yang merupakan mantan anggota Mafia di Jepang
Sebelum ditemukan oleh para ilmuan, inilah penjelasan Ayat Suci Al Quran tentang siklus air yang terjadi didunia
Subhanallah, pria ini tetap mampu menjadi Hafiz Quran meski usianya mencapai 70 tahun

Jika iPhone mengalami lemot, mungkin kamu perlu dilakukan beberapa langkah berikut, agar iPhone kembali berjalan cepat kembali.

Kosongkan cache safari
Mengosongkan cache Safari menjadi salah satu cara biar iPhone nggak lemot. Karena sering digunakan untuk mengakses internet, tentu cache yang ada di Safari sudah numpuk seabrek.

Caranya mudah, masuk ke Settings > Safari > Clear History and Website Data. Dengan melakukan ini, otomatis data dan riwayat penelusuran menggunakan Safari akan hilang.

Hapus foto dan video yang sudah lama
Karena ukuran foto iPhone cukup besar, maka tak heran jika koleksi foto dan video bisa memakan banyak memori di iPhone. Pilihlah hanya foto-foto yang sangat penting untuk disimpan, dan selebihnya backup foto-foto tersebut kemudian hapus dari smartphone.

Hapus aplikasi dengan kapasitas memori yang besar
Aplikasi yang berukuran terlalu besar tentu akan semakin memberatkan operasi smartphone. Ada baiknya hapus aplikasi-aplikasi yang berukuran besar namun jarang digunakan.

Untuk melihat ukuran aplikasi dan menghapusnya, masuk ke Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage > hapus aplikasi berukuran besar yang jarang digunakan.

Hapus pesan lama, termasuk pesan di aplikasi chatingan
Banyaknya pesan yang tak dihapus tentu bisa memakan ruang memori iPhone. Begitu juga dengan pesan-pesan chatting berbagai aplikasi yang dimiliki. Semakin banyak maka akan semakin membuat dokumen dan data yang tersimpan semakin banyak dan memakan ruang.

Matikan pengaturan otomatis untuk download dan update
Melakukan update dan download otomatis tentu akan membuat ruang memori banyak termakan. Tentu perlu memilah mana yang perlu didownload dan aplikasi mana yang perlu diupdate agar tak memenuhi ruang memori.

Caranya masuk ke Settings > iTunes & App Store > Matikan tombol otomatis pada Music, Apps, Books & Audiobooks, dan Update.

Tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan
Setelah tak digunakan, sebaiknya untuk menutup aplikasi itu sehingga tidak menumpuk di balik layar. hal itu ternyata bisa menghambat kinerja iPhone.

Matikan koneksi Wifi otomatis
Akan lebih baik jika mematikan pencarian Wifi otomatis agar tak membuat iPhone milikmu lemot. Dengan begitu, setiap kali berada di tempat yang baru, iPhone tak serta merta akan mencari koneksi Wifi.

Caranya mudah, masuk ke Settings > Wifi > matikan Ask to Join Networks.

Update iPhone jika ada pembaharuan
Biasanya iPhone secara periodik akan memberikan pembaruan software alias perangkat lunak. Saat ada pembaruan, jangan tunggu lama untuk menginstallnya. Update itu biasanya dapat berhubungan dengan masalah yang membuat smartphonemu tampak lambat.

Restart iPhone
iPhone juga perangkat yang juga membutuhkan istirahat sejenak. Melakukan restart terhadap perangkat smatphone bisa membuat performanya lebih baik.

Download Battery Doctor
Ketika merasa kerja smartphone terasa lambat, kemungkinan ada masalah dengan memori. Mendownload Battery Doctor bisa menjadi salah satu cara mengatasi kelemotan itu. Battery Doctor bisa menunjukkan seberapa cepat smartphone berjalan. Jika lambat, bisa menekan tombol Reallocate Memory untuk mendistribusikan kembali memori pada iPhone.

SHARE THIS

Author: