Nyata dan unik, inilah bekas bangunan Gereja yang kini menjadi Masjid di London Inggris

Masjid Jamme Brick Lane yang terletak di London ini merupakan salah satu masjid berpengaruh di Inggris. Bangunan ini menyimpan segudang cerita dan sejarah imigrasi muslim dari Bangladesh ke Inggris.

Berdiri tahun 1743, bangunan ini awalnya merupakan sebuah gereja Protestan yang kemudian berubah menjadi sebuah chapel bagi kaum Metodis. Hinggah akhirnya tahun 1976, bangunan tua ini difungsikan sebagai tempat ibadah umat Islam di London.

Artikel lain :
Inilah fakta ilmiah tentang Nabi Musa AS dan mukjizadnya yang membelah lautan
China kembangkan modifikasi gen untuk menyembuhkan kanker
Cara mudah menangkal dan mengenal sihir dengan hukum fisika

Masjid Jamme merupakan kombinasi dari teknologi modern abad 21 dan juga tradisi yang berabad-abad lamanya. Masjid ini sangat terkenal di sepanjang daratan Eropa dan merupakan pusat kegiatan umat muslim di London.

Ambisi dari Masjid Jamme adalah untuk menyebarkan Islam dan melayani komunitas muslim dengan baik serta untuk menghadirkan atau mengenalkan Islam ke masyarakat luas. Dalam perkembangannya, masjid ini didukung penuh oleh komunitas muslim Inggris dan juga menyediakan beragam aktivitas yang diperuntukkan baik bagi muslim maupun non-muslim.

Selain itu Masjid Jamme juga sangat aktif menggelar madrasah, diskusi, konferensi dan lain-lain. Komunitas muslim London dengan kuat menjadi penyokong kokohnya masjid ini. Pendanaan datang dari dana komunitas itu sendiri.

Selain sebagai tempat beribadah, Masjid Jamme juga ikut menyokong pendidikan anak muslim di London. Mereka mempunyai Mosque’s Mother Tongue School dan juga madrasah. Masjid ini dilengkapi oleh empat kelas belajar yang biasanya digunakan oleh para guru di sana untuk mengajarkan baca Alquran dan juga kajian Islam.



SHARE THIS

Author: