Inilah asal usul masyarakat Suku Minangkabau


Jika sering liat dan menikmati masakan padang di Warung Padang yang tersebar di Indonesia, pasti tidak lepas dari orang Minang yang berasal dari Sumatra. Minangkabau adalah salah satu suku dari ratusan suku yang ada di Republik Indonesia, yang memiliki cerita sejarah asal-usul yang perlu diketahui setiap orang khususnya orang dari suku Minagkabau sendiri. Sedikit akan kita bahas mengenai Minangkabau yaitu tentang Asal nama Minangkabau dan Suku Bangsa Minangkabau.


Artikel lainnya :
Harus kamu ketahui, inilah faktor-faktor mengapa kamu tidak bisa jadi kaya
Inilah jenis makanan yang wajib dihindari oleh penderita Asam Urat
Inilah khasiat makan buah pisang untuk kesehatan

Asal nama Minangkabau

Minangkabau berasal dari "Minanga Tamwa" yang artinya pertemuan dua muara sungai dimana Minangkabau tersebut merupakan daerah yang terletak pada pertemuan dua sungai besar, tetapi pendapat lain menerangkan bahwa Minangkabau asalnya dari "Pinang Khabu", yang artinya "Tanah Asal". Menurut keterangan tersebut seolah-olah ada sangkut pautnya dengan "minang kabau" atau dengan "mainang kabau" dimana yang artinya memelihara kerbau. Mainang asal kata dari "inan" yang berarti induk atau pengasuh.

Sutan Muhammad Zain berpendapat bahwa kata Minangkabau berasal dari "Binanga Kanvar" yang artinya Muara Kampar, sedangkan menurut keterangan Prof. Dr. Muhammad Hussein Nainar, sebutan Minangkabau berasal dari "Menonkhabu", yang artinya "tanah pangkal" atau "tanah  permai". Tanah tempat berdiam dan tempat berusaha yang lama-kelamaan bertambah luas seperti tersebut dalam tambo : "Alam bakalebaran - anak buah bakakambangan,  sampai terbentuk daerah-daerah yang disebut "Saedaran gunuang marapi, salareh batang bangkawehdisebut Minangkabau.

Suku Bangsa Minangkabau

Tanah Minangkabau adalah suatu suku bangsa yang datang dari pesisir malabar di India Muka, dan rombongan tersebut terpecah menjadi dua yaitu sebahagian ke Utara yang sekarang di kenal dengan suku Karo Batak dan sebahagian lagi ke selatan, yang dikenal dengan suku Rejang sekarang. kedua suku ini memiliki persamaan dalam cara hidup dan aksara yang dipergunakan sehari-hari. Adapun penduduk pegunungan Dekkan Malayam namanya dan penduduk sebelah pesisir yaitu Malabar, yang disebut orang Minangkabau Malabari.

Rombongan yang berasal dari Tanah Basa (sebutan daratan India menurut Tambo Minangkabau) menempati sebahagian tanah Kampar yang merupakan daerah aliran sungai besar seperti juga Batang Hari dan Kuantan yang mengalir disebelah timur Sumatera Tengah, dan Bukit Barisan yang membujur dari Barat Laut ke Tenggara.


Sumber : http://reyismyname.blogspot.co.id/

SHARE THIS

Author: