Mengenal besaran vektor dalam ilmu fisika


Dalam ilmu Fisika, sudah pasti mengenal istilah besaran. Besaran-besaran fisika secara umum yaitu terdiri dari besaran skalar dan besaran vektor. Besaran skalar adalah besaran yang memiliki nilai saja, sedangkan besaran vektor adalah besaran yang selain memiliki nilai juga memiliki arah. Karena konsep tentang vektor banyak digunakan dalam fisika, maka akan dijelaskan lebih lanjut secara singkat mengenai besaran vektor ini.

Sebagai contoh yang mudah untuk dipahami dari sebuah vektor adalah vektor posisi. Untuk menentukan posisi sebuah titik relatif terhadap titik yang lain, kita harus memiliki sistem koordinat. Dalam ruang berdimensi tiga, dibutuhkan sistem koordinat, x, y, z untuk mendiskripsikan posisi suatu titik relatif terhadap suatu titik asal (O). Vektor posisi suatu titik P, relatif terhadap titik asal digambarkan di atas.


Itulah sedikit penjelasan mengenai Jenis Besaran vektor dalam fisika, untuk penjumlahan dan perkalian jenis besaran vektor akan penulis terbitkan beberapa waktu kedepan.



SHARE THIS

Author: