Kembali timnas Chile menjuarai "Copa America 2016"

 
Chile juara Copa Amerika 2016
Gelaran final kompetisi terbesar di Benua Amerika "Copa America Centenario 2016" telah berakhir dengan kemenangan timnas Chile. Timnas Chile juara Copa Amerika 2016 setelah mengalahkan Argentina melalui drama adu penalti di partai final yang berlangsung di Stadion Metlife, New Jersey, Amerika Serikat pada 27 Juni 2016. 

Adu penalti dilakukan setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 2x45 menit dan ditambah dengan 2x15 menit. Kedua tim juga bermain dengan 10 pemain sejak babak pertama akibat Marcelo Diaz (Chile) terkena akumulasi kartu kuning di menit 28 dan Marcos Rojo (Argentina) diganjar kartu merah pada menit 43 oleh wasit. 

Chile berhasil memenangkan adu penalti dengan skor 4-2, sekaligus mengulang suksesnya tahun lalu saat mengalahkan Argentina di Copa Amerika 2015 di Chile. Ini merupakan kemenangan beruntun yang dialami oleh Chile sejak menjadi juara Copa Amerika tahun 2015, sedangkan Argentina harus memperpanjang puasa gelar setelah terakhir menjadi juara pada tahun 1993 pada turnamen yangsama.

Laga berjalan dengan seru sejak menit pertama dimulai, kedua tim pun menampilkan permainan terbuka dan cendrum keras. Terbukti dari beberapa kartu kuning dan kartu merah yang dikeluarkan oleh wasit mewarnai pertandingan tersebut. Jual beli serangan pun terjadi antara kedua tim, hingga beberapa peluang gol pun tercipta, namun sepanjang 120 menit pertandingan tidak merubah skor tetap 0-0 dan harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Dalam adu penalti, penjaga gawang Argentina (Sergio Romero) sukses menepis tendangan pertama Chile yang dilakukan oleh Arturo Vidal. Akan tetapi, Argentina pun gagal memamfaatkan peluang pertama mereka setelah algojo pertama Lionel Messi gagal menciptakan gol dari titik putih melalui tendangan jauh diatas mistar gawang.
 
Messi gagal melakukan eksekusi penalty
Eksekutor kedua dan ketiga Chile dan Argentina pun sukses menuntaskan tugas mereka dengan masing-masing menciptakan gol. Namun sorak ramai dari pendukung Chile pun terjadi saat tendangan Lucas Biglia sukses ditepis oleh penjaga gawang Chile yang dijaga oleh Claudio Bravo. Hingga akhirnya Gato Silva kemudian sukses memastikan kemenangan timnas Chile meraih gelar juara Copa Amerika 2016 setelah sepakannya sukses menggoyak gawang Argentina yang dijaga oleh Romero.

Chile sukses menaklukanArgentina
Bagi Chile, ini merupakan sejarah yang terulang setelah menjadi juara Copa Amerika tahun 2015 dan tahun 2016 pada partai final bersama Argentina. Selamat buat Chile..!



SHARE THIS

Author: