Agar selamat sampai tujuan, inilah beberapa tips mudik aman dan nyaman di bulan ramadhan


Mudik atau pulang ke kampung halaman adalah merupakan tradisi yang dilakukan setiap tahun di bulan ramadhan menjelang perayaan Idul Fitri. Untuk perjalanan darat dengan mengunakan kendaraan mobil atau motor, macet dijalan tentu bukanlah rintangan dan halangan. Tidak jadi persoalan perjalanan panjang daripada hari-hari biasanya bagi mereka yang memiliki kampung halaman yang jaraknya cukup jauh. Bagi mereka yang akan melaksanakan mudik dengan kendaraan pribadi, berikut beberapa tips ringan yang perlu dipersiapkan agar perjalanan tetap aman dan nyaman. 


Artikel lainnya :
Subhanallah, pria ini tetap mampu menjadi Hafiz Quran meski usianya mencapai 70 tahun
Banyak yang belum tahu, ternyata inilah sosok gadis penenun yang ada pada uang pecahan lima ribu rupiah
Harus kamu ketahui, inilah beberapa fakta unik jika memilih berpacaran dengan seorang perawat

Daftar barang bawaan

Buatlah daftar barang bawaan beberapa hari sebelum berangkat. Daftar barang bawaan akan meminimalisasi kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.



Check kondisi kendaraan yang akan digunakan

Kendaraan adalah hal pokok perjalanan, oleh karena itu pastikan kendaraan apakah mobil atau motor siap dan layak digunakan untuk perjalanan jauh. Mulai dari perlengkapan kendaraan seperti tools hingga sparepart cadangan yang penting untuk diikut sertakan dalam perjalan mudik. Sangat direkomendasikan untuk membawa kendaraan ke bengkel resmi guna diperiksa secara menyeluruh.

Tetap persiapkan kotak P3K

Periksa kembali kelengkapan isi kotak P3K, seperti minyak angin, rheumason, betadine, dan obat sakit kepala, serta beberapa hal yang harus ada di dalam kotak pertolongan pertama itu. Periksa kembali apakah obat-obatan yang ada sudah kedaluwarsa atau tidak. Anda juga bisa menambahkan dengan obat-obatan lain.

Hiburan

Macet adalah rintangan utama yang tidak mungkin dihindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur dari kebosanan, seperti kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi teman setia dalam perjalanan.

Perhatikan kondisi tubuh

Tidak hanya kendaraan yang perlu disiapkan, kondisi badan juga perlu mendapat perhatian. Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang sehat dan prima. Pastikan tubuh dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh. Jika mengantuk, berhentilah untuk beristirahat dan dianjurkan agar beristirahat setiap empat jam.

Demikian beberapa tips yang dapat mamfaatkan bagi mereka yang akan melakukan perjalan jauh dalam mudik lebaran. Semoga perjalanan sehat, aman dan nyaman..!





SHARE THIS

Author: