Bagi yang favorit belanja di toko online, inilah beberapa untung dan rugi belanja online yang perlu diketahui


Fenomena belanja online tengah dirasakan masyarakat Indonesia. Kemudahan belanja yang ditawarkan oleh perusahaan e-commerce membuat para konsumen beralih untuk melakukan transaksi belanja secara online. Selain cepat dan mudah, konsumen bisa mengakses transaksi di mana saja tanpa harus membuang waktu serta tenaga.

Artikel lainnya :
Terganggu masalah bulu ketiak, inilah cara alami menghilangkan bulu ketiak secara permanen
Untuk mencegah, inilah jenis makanan yang wajib dihindari oleh penderita Asam Urat
Berhentilah dengan kebiasaan berikut, ini akan membuatmu miskin seumur hidup

Salah satu faktor yang membuat tingginya belanja online di Indonesia adalah bermunculan toko-toko online. Bukan hanya menjajakan produk teknologi dan fashion saja. Belanja tiket pesawat, tiket konser, hotel hingga kebutuhan rumah tangga , semua bisa terlaksana lewat online.


Pada dasarnya, belanja online memiliki dua sisi. Ada untung sekaligus ruginya, berikut penjelasannya :

Keuntungan
  • Kemudahan dalam berbelanja, tidak perlu keluar rumah jika ingin membeli sesuatu. Anda dapat melakukannya sewaktu-waktu dalam 24 jam dalam seminggu penuh.
  • Prosesnya cepat dan ringkas. Pilih produk yang diinginkan lalu mau metode pembayaran transfer, cash on delivery (COD) atau dengan kartu kredit. Setelah transaksi sukses tinggal menunggu produk dikirim ke tempat tujuan.
  • Sangat praktis karena hemat waktu dan tenaga untuk membeli suatu produk.
  • Bisa membandingkan harga dari setiap toko online hanya dengan berselancar di internet hingga akhirnya menemukan produk yang termurah.
  • Beberapa toko online suka memberikan potongan harga dan promo menarik.
  • Toko online memiliki koleksi produk yang unik dan jarang ditemukan di pasaran.

Kerugian
  • Rentan penipuan. Untuk itu konsumen harus selektif memilih toko online, pilih yang sudah punya nama besar dan tepercaya.
  • Konsumen tidak bisa leluasa mencoba produk yang diinginkan sebelum membeli.
  • Tak semua toko online memberikan garansi sehingga jika ada cacat produk dan kerusakan, konsumen harus menanggungnya.
  • Proses klaim atau refund barang lebih lama dan cenderung rumit.
  • Ada kalanya foto dan spesifikasi produk yang dipajang di toko online berbeda dengan aslinya.
  • Beberapa toko online menawarkan proses transaksi melalui kartu kredit dan kartu debit, sehingga bagi konsumen yang tak memiliki keduanya spontan tak bisa berbelanja.
Makin maraknya perdagangan online membuktikan bahwa Indonesia sebuah market yang luas. Selain itu memacu jiwa individu untuk berbisnis dan berwirausaha demi merebut pasar dalam negerinya sendiri. 



SHARE THIS

Author: