Terungkap Hukum Fisika yang tersembunyi dalam coretan catatan Leonardo da Vinci


Selama berabad-abad, tulisan di buku catatan milik da Vinci itu dianggap tak penting. Coretan dari tahun 1493 dengan menggunakan kapur merah itu memperlihatkan bentuk geometris yang dinilai tak berarti. Sejumlah peneliti menganggapnya tak penting karena terdistraksi dengan gambar wajah seorang wanita tua di atas coretan tersebut.

Artikel lain :
Inilah keuntungan besar jika berinvestasi tanah yang perlu diketahui  
Rahasia sukses memulai bisnis properti  
Inilah cara sederhana untuk membimbing anak agar suka membaca  


Namun berdasarkan hasil studi dari buku catatan Leonardo da Vinci ditemukan salah satu hukum alam yang mendasar, yakni gaya gesek.

Bentuk geometris berwarna merah dilengkapi dengan tulisan cermin --da Vinci selalu menulis terbalik untuk menyamarkan karyanya-- menampilkan serangkaian balok yang ditarik oleh beban yang tergantung dari katrol. Profesor Ian Hutchings dari University of Cambridge menyadari hal itu sebagai gambaran yang biasanya dilakukan di sekolah untuk menunjukkan hukum gesekan.



Profesor Hutchings menjelaskan bahwa "Ia mengetahui kekuatan gesekan yang bekerja antara dua permukaan geser sebanding dengan beban yang menekan permukaan bersama-sama. Hal itu merupakan 'hukum gesekan' yang kita sering sebut merupakan karya ilmuwan Prancis, Guillaume Amontons, 200 tahun kemudian"

Menurut Hutching, dengan mengetahui bahwa da Vinci mengerti tentang bagaimana gesekan bekerja, hal itu membantu kita memahami mengapa ia banyak menciptakan penemuan yang luar biasa.

Da Vinci mengejar topik itu selama lebih dari 20 tahun, menggabungkan pengetahuan empiris tentang gesekan dalam model untuk beberapa sistem mekanik. Walaupun karyanya tak memiliki pengaruh dalam perkembangan subyek (gesekan) selama berabad-abad berikutnya, Leonardo da Vinci memegang posisi unik sebagai pelopor.



SHARE THIS

Author: