Nyata, inilah perempuan pertama yang berhasil mendaki puncak tertinggi Everest


Catatan sejarah menunjukkan bahwa nama Junko Tabei merupakan perempuan pertama yang telah berhasil mendaki gunung tertinggi dunia, Gunung Everest. Bersama dengan rekannya Sherpa Ang Tshering sebagai pemandu, perempuan asal Jepang itu berhasil menaklukkan puncak Everest pada 16 Mei 1975 pagi.

Artikel lain :
Bung Karno minta 10 Pemuda, 500 juta dollar untuk Habibie  
Jauh sebelum Charles Darwin, inilah sosok Ilmuan Muslim yang menulis teori Evolusi  
Kisah tragis Soekarno ketika tidak punya uang 

Junko mencapai puncak selatan Everest dengan ketinggian 8.763 mdpl terlebih dahulu sebagai pos perhentian terakhir. Setelah istrahat beberapa saat, keduanya melanjutkan perjalanan untuk mencapai puncak setinggi 8.848 mdpl.


Tabei membuat cukup ruang di salju tebal untuk duduk. Namun ketika menyadari tantangan yang akan dihadapinya, dia mengaku sedikit bergidik ngeri dan marah. Di depan Tabei telah melewati sejumlah titik berbahaya, membentang perbukitan es nan licin yang membentuk perbatasan antara China dan Nepal.

Perempuan kelahiran 1939 itu harus melintasi bagian bawah perbukitan itu sepanjang 14-15 meter. Satu kesalahan kecil saja, Tabei bisa tergelincir jatuh hingga sejauh 5.000 meter ke sisi China atau 6.400 meter ke sisi Nepal dimana terdapat Kamp Ekspedisi Everest wanita Jepang yang diikutinya. 

SHARE THIS

Author: